Tuesday, July 3, 2012

Cerita (Mantan) Anak SMA (Part 1)


Waktu SMA, gue ikut banyak organisasi, diantaranya: OSIS, ekskul Teater Kijara, ekskul SakuraCom, ekskul AERO Jurnalistik dan gue juga terpilih buat mewakili OSIS sekolah gue di POSKAB (Perserikatan OSIS Kabupaten Bekasi). Disini gue mau certain satu-satu ya hehehehe kalo gak suka ya gak usah dibaca -_-

Organisasi yang pertama kali gue ikutin itu SakuraCom. SakuraCom itu ekskul di sekolah gue yang mendalami bidang IT. Nah, disitu ada 3 divisi, yang pertama maintenance, pokoknya ngebahas soal komputer luar dalem deh. Yang kedua fotografi, yang ketiga video editing&film making. Sebenernya sih gue bukan ngincer bagian maintenancenya, tapi ngincer bagian fotografi sama film making. Entah kenapa, gue nggak pernah tertarik sama bidang apapun yang ‘serius’. Misalnya ekonomi, politik, sains, teknik, IT. Justru gue tertariknya malah sama bidang-bidang yang lebih ngarah ke entertainment, kayak misalnya ya fotografi, film making, scriptwriting, nulis, musik, teater, puisi, prosa, dan lain-lain deh. Makanya gue milih ikut ekskul SakuraCom aja hehehe. Gue ingeeeet banget, pertama kali belajar fotografi (waktu itu pembinanya Kak Sartu) itu belajar fokusin objek. Sebenernya itu gampang, cuma karena waktu itu gue belum gaul, belum biasa pake kamera DSLR, jadinya berasa susaaaaah banget. Tapi Alhamdulillah sih, sekarang udah agak bisa :) Ohiya selain fotografi nya, kita juga diajarin editingnya, pake Photoshop. cuma sayangnya gue jarang dateng kalo pas materi editing, jadi ilmunya kurang deh. Hiks.

Naaaah ini nihhh yang paling seru dari SakuraCom, film making! Gue tuh sukaaaaaaa banget nonton film. Film apapun deh. Kalo temen-temen deket gue pasti tau gue tuh hobi banget nonton film. Setiap ada waktu luang pasti gue manfaatkan buat nonton film. Tapi gue nontonnya di DVD, bukan di bioskop. Tekor lah gue kalo setiap nonton film harus di bioskop -________- berawal dari hobi nonton film, gue jadi penasaran gimana cara bikinnya. Di SakuraCom, gue diajarin gimana cara megang kamera, ngambil angle yang bagus, sampe editingnya. Dan selain itu, di dalam film ada unsur lain yang harus diperhatiin, kayak script nya, timing nya, make up, wardrobe… wah ribet loh ternyata. Gue dan anggota SakuraCom lainnya terus belajar sampai akhirnya, diadakan sebuah event yang bernama FFAK. FFAK itu singkatan dari Festival Film Antar Kelas. Jadi semua warga sekolah kelas X dan XI berlomba-lomba bikin film pendek berdurasi 10 menit supaya menang. Waktu itu temanya I LOVE INDONESIA. Berhubung udah banyak anak cowok yang jago editing dan megang kamera gue akhirnya bertugas jadi scriptwriternya. Waaaaaah gak kebayang deh senengnya kayak apa, itu juga pengalaman pertama gue soalnya :> akhirnya kelas gue bikin film yang berjudul Indonesia Merdeka. Ceritanya flashback gitu, tentang perjuangan Indonesia waktu sebelum merdeka sampai merdeka. Penuh perjuangan banget bikinnya, kita sampe kebingungan nentuin tempat yang settingannya agak ‘jadul’, supaya lebih keliatan tahun 40an nya. Belum lagi wardrobenya. Kita sampe susah payah shooting (cielah shooting) ke hutan, ke tempat pengolahan padi, dll. Untuk film pendek berdurasi 10 menit aja, butuh lebih dari 3 minggu proses pengerjaan sampe bener-bener jadi film. Gila kan? Gak kebayang berapa lama yang dibutuhin buat bikin film dengan durasi 2 jam. Belum lagi kalo ada adegan yang harus diretake. Salut banget deh sama para filmmakers diluar sana!

Alhamdulillah, kerja keras kita semua terbayarkan. Kelas gue dapet banyaaaaaak banget penghargaan. Skenario Terbaik (Gue! Gue! :’’’’’D) Aktor Terbaik (Eko Pranata Lumbantobing) dan….Film Terbaik!!! Aaah sumpah, seneeeeng banget rasanya. Pengalaman pertama bikin film, langsung jadi Film Terbaik :’) Walaupun cuma lomba antar kelas, tapi…..tetep aja seneng banget banget banget!

Lanjut! Kalo ekskul Teater Kijara sih gak gue ikutin dari awal, karena ekskul ini ‘mati suri’. Dulu pernah ada di sekolah gue, lalu gak aktif entah karena alasan apa, terus ‘hidup’ lagi pas angkatan gue masuk. Masuknya pun diseleksi, waktu itu seleksinya baca puisi dan prosa. Waaah seneng banget tuh gue, dan Alhamdulillah lolos. Waktu itu anggota tetapnya Cuma 4 orang: gue, Nisa, Icho dan Diana. Pembina gue, Pak Ian, emang gak mau ngambil anggota banyak-banyak dulu. Beliau mau fokus membina kita berempat. Tapi Diana masih kurang aktif, jadilah cuma kita bertiga. Seruuuuuuu banget ikutan ekskul Teater tuh. Gue jadi belajar gimana cara acting yang bener, ngatur tinggi rendah suara pas ngomong, ngatur cara berbicara, pake suara dalem, ngatur nafas, belajar ngatur mimik muka, ekspresi, seru deh pokoknya!  

Pertama kali ikut lomba dengan membawa nama ‘Teater Kijara’ itu pas lomba baca puisi tingkat Kabupaten. Walaupun tingkat Kabupaten, tetep aja deg-degannya selangit. Itu juga pertama kalinya dalam seumur hidup gue ikutan lomba baca puisi. Alhamdulillah, juara 1, 2 dan 3 nya dari sekolah gue semua hahahahaha. Waktu itu gue juara 2, Icho juara 3 (gara-gara dia baca puisinya diloncat satu bait. Lupa katanya -_-) dan juara 1 nya Nisa. Pak Ian bangga banget sama kita, beliau juga bilang kalau ini pembuktian buat sekolah. Ekskul Teater Kijara yang tadinya ‘mati’ sekarang udah bener-bener hidup! Semenjak itulah, ekskul ini jadi tenar di sekolah. Kita pun jadi sering diundang buat ngisi acara di event-event­ yang diadain di sekolah, mulai dari FSJ (Festival Seni dan Jurnalistik), FFAS (Festival Film Antar Sekolah), banyak deh. Kita sampe dikasih sertifikat loh…. Bangganya :’’’’’)  

Sampe pas kelas XI, pembina ekskul Teater Kijara jadi ada 2: Pak Ian dan Pak Andri, guru Bahasa Indonesia di sekolah. Kenapa jadi ada 2? Soalnya kata Pak Andri, Pak Ian lagi sibuk-sibuknya sama pekerjaannya. Jadi, daripada nanti gak kehandle, lebih baik jadi ada 2 aja. Yaudah, kita jalan dengan 2 pembina. Kalo soal materi kita lebih sering diajar sama Pak Andri, tapi kalo soal praktek baru Pak Ian yang ngajarin kita.

Suatu hari saat pulang sekolah, gue, Nisa dan Icho dipanggil Pak Andri. Katanya sih mau kumpul Teater, eh ternyata Pak Andri mau ngumumin soal lomba Sastra tingkat provinsi di UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung. Waktu itu, kita ditawarin ikut lomba puisinya doang. Yaudah kita sih setuju-setuju aja, sekalian mengasah kemampuan (cielah) di ajang yang tingkatnya lebih tinggi. Selain itu kan hadiahnya juga lumayan. Hehehehehe. Pas gue liat selebaran lombanya, ternyataaaaaaa ada seminar sastra juga dan guess what? Narasumbernya Bapak Taufik Ismail doooong!!! Yaampun, gue ngefans banget sama karya-karyanya Taufik Ismail. Waktu itu pengen banget ikut, tapi seminarnya hari Jumat (hari sekolah), dan di Bandung.  Gue pun gak tau mau naik apa kesananya. Akhirnya gue harus mengurungkan niat gue itu….hiks.  Gue liat lagi selebarannya, dan disitu ada tulisan Olimpiade Bahasa dan Sastra Indonesia. Karena gue penasaran, gue Tanya ke Pak Andri olimpiade yang itu maksudnya gimana. Dan ternyata, itu sama aja kayak Olimpiade Sains. Tapi bedanya, nanti ada 4 aspek yang dilombakan: membaca, menulis, mendengar dan berbicara. Ditambah lagi ada tes kemampuan sastra nya, nanti kayak dikocok gitu antara lo dapetnya baca puisi/prosa/drama. Olimpiadenya pun diadakannya gak cuma satu hari, tapi 3 hari. Sounds fun, pikir gue. Gue pun iseng-iseng nanya ke Pak Andri, “Kalo saya mau ikut olimpiadenya gimana Pak?” Waktu itu, Pak Andri sempet mikir-mikir dulu sampai akhirnya beliau bilang, “Kamunya siap nggak? 3 hari loh itu. berarti harus bimbingan + latihan terus.” Gue pun menjawab dengan mantap, “Siap dong Pak!” Dan akhirnya gue didaftarin ikut olimpiadenya, sementara Nisa, Icho, Kak Ipul, Ayu, dan adik kelas gue yang lain ikut lomba baca puisi.

Semenjak sesudah didaftarkan, gue pun rutin bimbingan sama Pak Andri. Ngerjain soal-soal yang super banyak sampe mabok, belajar cara berbicara di depan public yang baik dan benar, belajar nulis essai. Karena olimpiadenya waktu itu temanya tentang Indonesia dan lomba itu diadakan untuk memperingati Bulan Bahasa, gue pun latihan bikin essai yang berjudul Pentingnya Mencintai Bahasa Sendiri. Alhamdulillah kata Pak Andri udah bagus dan layak. Dan untuk tes berbicara nya, gue sih waktu itu mikir materinya paling gak jauh-jauh dari kebudayaan Indonesia. Yaudah deh gue browsing dan nyari artikel-artikel tentang batik (waktu itu kasus rebutan batik antara Indonesia&Malaysia lagi ngehits banget), tarian tradisional, senjata tradisional, rumah-rumah tradisional, suku-suku di Indonesia, kebudayaan masing-masing suku, banyak lah. Selama 2 atau 3 minggu itu lah gue belajar + bimbingan tiada henti. Sampe pas hari keberangkatan ke Bandung (atau H-1 lomba) gue sakit. Gak enak badan gitu deh….jadilah pas berangkat gue bawa obat seplastik. Masalahnya kalo sampe sakit gue kambuh….udahlah wassalam. Gak akan bisa ikut lomba itu mah -_-

Rencananya berangkat jam 3 sore. Gue udah nunggu di sekolah dari jam setengah 3. Sampe jam 3 lewat, guru gue belum dateng. Jam 4, guru gue belum dateng juga. Pas gue telfon, bilangnya “sebentar lagi”. Sampe lewat jam 5, belum dateng juga. Gue disitu udah mau nangis, soalnya lombanya besok jam 8 pagi dan kalo gue gak berangkat sore mau sampe Bandungnya jam berapa? Tiba-tiba pas gue lagi nunggu di aula sekolah, ada Pak Adar (wakasek gue) dan bapak Ketua Komite sekolah (lupa namanya serius). Mereka berdua nanya, “Loh, Soph, kamu belum berangkat? Katanya mau ke Bandung?” gue gak jawab, tapi nangis. Iya gue nangis, sumpah sebenernya sih malu-maluin, tapi gue udah takut aja gak bakal jadi. Pak Adar langsung nenangin gue dengan mengeluarkan kalimat-kalimat motivasi andalannya. Pak Didi langsung bantu nelfon Pak Andri. Dan tau-tau pas gue lagi nangis gitu, Pak Adar bilang, “Kalo sampe jam 6 Pak Andri belum dateng juga, kamu berangkat sama Aa Erick aja ya.” Gue bingung, Aa Erick siapa? Gue kenal aja engga. Masa iya gue mau pergi sama orang yang gak gue kenal? “Aa Erick itu siapa pak?” Tanya gue pada Pak Adar. Dan tau-tau muncullah sesorang yang disebut-sebut Aa Erick…. Ternyata… beliau adalah PAK LUKMAN. Guru agama di sekolah yang nyentrik abis, tapi kocak banget. Disitu pertama kalinya gue tau kalo Pak Lukman tuh suka dipanggil Aa Erick sama guru lainnya hahahaha. Gue yang lagi nangis, tapi sambil ketawa ngomong, “Ah Bapak! Saya gak mau kalo dianterin sama Pak Lukmaaaan.” Pak Adar pun ketawa. Tepat setelah itu, Pak Andri muncul dan kita langsung berangkat naik bis (soalnya mobil sekolah lagi dipake) dan hujan-hujanan. Sungguh sebuah perjuangan :’) Gue sampe di Bandung jam 8 malem, dan nginep di tempatnya kakak sepupu gue, soalnya dari panitia lombanya gak ada akomodasi buat penginapan (sedihnya). Gue langsung minum obat dan tidur deh. Gak sempet belajar sama sekali.

Besok paginya gue ke tempat lomba, dan udah lumayan rame. Totalnya sih ada 14 orang. Yang pertama kenalan itu Imam, dari SMAN 3 Tasikmalaya kalo gak salah (Sekarang Imam lagi di Jerman. Student Exchange gitu katanya. Enak banget  T_T) Terus ada Azis, Bunga, Chyntia, Raissa, Kelvin, Mariam, dan lain-lain deh. 13 orang saingan gue itu dari kelas XII Bahasa, sementara gue? Kelas XI IPA. Dari situ aja gue udah agak ngedown. Tes pertama itu ngerjain 100 soal Bahasa Indonesia. Dan itu…..susahnya minta ampun. Gak pernah nemuin soal Bahasa Indonesia sesusah itu loh gue…. :’( Akhirnya sih gue kerjain sebisanya, bismillah aja semoga pensil gue bener milih jawabannya hehehehe. Tes keduanya, tes membaca. Jadi ada artikel gitu, isinya berita. Kita dikasih waktu 15 menit buat baca (boleh nyatet inti beritanya juga) dan 45 menit ngerjain soal tanpa liat artikelnya. Disitulah diuji seberapa besar kemampuan lo untuk menghafal. Alhamdulillah, tes yang ini nggak sesusah waktu ngerjain soal-soal sebelumnya. Tes ketiga, mendengar. Semacam English Listening Test gitu deh. Kalo disini, diuji apakah telinga lo pendengarannya baik/buruk. Hehehehehe. Tingkat kesulitannya masih sama kayak tes membaca.

Hari kedua, tes menulis. Gue deg-degaaaaan banget, sumpah. Gue takut temanya ternyata ga sama kayak essai yang gue buat waktu latihan. Kalo sama kan Alhamdulillah banget, tinggal salin aja essai yang waktu itu gue buat……. Pas lembaran petunjuk dibagiin, gue buka perlahan-lahan. Disitu tertulis dengan jelas “Tema bebas. Karangan yang lebih disukai adalah yang mengenai Bahasa Indonesia” Gue langsung seneeeeeeng banget, pengen loncat-loncat rasanya. Disaat temen-temen yang lain agak kebingungan, gue justru lega karena tinggal nyalin essai waktu latihan. Bukan nyalin juga sih, tapi nulis ulang tanpa liat teks essai yang waktu itu gue buat -_- Selesai tes menulis, saatnya tes berbicara. Deg-degan lagi. Masalahnya, gue banyakin browsing tentang batik. Cuma sedikit materi tarian tradisional dan yang lainnya. Kalo gue kebagiannya bukan materi tentang batik gimana? Nanti gue malah bingung mau ngomong apa, mala hang eng ang eng ngomong gak jelas. Wah kacau deh pikiran gue waktu itu. Akhirnya nama gue dipanggil, buat ambil kocokan materi apa yang harus gue sampaikan. Pas ngambil kertas, gue buka gulungannya, dan…….tulisannya “Kontroversi batik di Indonesia”. Mulut gue gak berhenti ngomong Alhamdulillah, dan kalo disitu gak ada orang mungkin gue udah loncat-loncat jungkir balik kesenengan. Gimana bisa materinya pas banget gitu? Aaaaaah lega banget, gak perlu pusing-pusing lagi. Gue pun maju ke depan dan berbicara dengan lancar dan santai. Alhamdulillah :’)

Hari ketiga, tes sastra. Berdasarkan kocokan waktu technical meeting, gue kebagian baca puisi. Gue memutuskan untuk baca puisinya Taufik Ismail yang berjudul Malu Aku Jadi Orang Indonesia (MAJOI). Guru gue pertamanya gak yakin, soalnya itu puisi panjang banget sedangkan durasi maksimal baca puisinya 20 menit. Tapi gue tetep keukeuh pengen baca yang itu. Dengan kostum hitam-hitam (biar keliatan dramatis kata Pak Ian) gue membacakan puisi itu dengan penuh semangat dan mencoba menghayati isi puisinya. Alhamdulillah bacanya lancar dan gak ada yang kepleset atau salah baca (apalagi keloncat satu bait kayak Icho hahahaha).  Waktu gue baca puisinya pun kurang dari 20 menit, jadi nggak mengurangi nilai.

Selang satu hari, baru deh pengumuman pemenang. Awalnya gue nggak mau dateng, soalnya gue males balik lagi ke Bandungnya. Toh belum tentu gue menang juga kan. Tapi tiba-tiba, sore harinya gue dapet SMS dari Pak Andri, katanya gue wajib dateng soalnya masuk 3 besar. Gue pikir itu akal-akalan panitia aja supaya gue dateng. Yaudahdeh gue balik lagi ke Bandung, dan pas pengumuman pemenang………

Juara 3 nya Raissa.

Juara 2 nya Mariam.

Lah, terus gue juara berapa? Gue mikir, “Gak mungkin banget gue juara pertama. Tuh kan itu tuh cuma akal-akalan panitianya doang supaya semua peserta dateng.”

Tau-tau diumumin kalo juara 1 nya gue.

Iya, gue. Lo gak percaya kan? Gue aja ngga. Apalagi lo -_-

Gue maju aja ke depan, ambil medali sama hadiah. Setelah itu dapet ucapan selamat dari kakak-kakak panitianya. Gue belum sadar sampe sms dari Pak Andri masuk. Isinya ngucapin selamat dan sebenernya beliau udah tau gue juara 1 makanya gue dipaksa-paksa disuruh dateng -_______- Setelah tersadar, gue baru mengucapkan alhamdulillaaaaaaaaah sebanyak-banyaknya. Akhirnya bisa juga bikin bangga diri sendiri, orang tua, temen-temen, guru-guru dan sekolah :’) Akhirnya, perjuangan gue susah-susah bimbingan, nangis-nangis sebelum berangkat, hujan-hujanan dulu, berbuah manis :’)

(Lanjutannya besok aja ya, gue mau nonton Harry Potter dulu nih hahahahahahaha)

No comments:

Post a Comment