Thursday, July 19, 2012

Cerita (Mantan) Anak SMA Part 2


(Nah, ini lanjutan post yang lalu)

Selain 2 ekskul itu, gue juga ikut ekskul AERO Jurnalistik. Kalo pas angkatan gue, ekskul Jurnalistik ini mencakup broadcast juga. Cuma kalo angkatan yang sekarang dipisah, ada ekskul Jurnalistik dan ada ekskul Broadcast. Gue baru gabung di ekskul ini pas kelas XI semester 1. Gue emang suka sih sama broadcast & jurnalistik, tapi entah kenapa emang dari awal gue agak nggak sreg sama ekskul ini. Eh pas diajakin temen-temen (kebetulan disitu ada Nisa & Devina) baru deh gue mau gabung. Gue juga sempet looooh dicalonin jadi ketuanya, waktu itu calonnya gue, Devina dan Nisa. Tapi gue kalah suara, akhirnya Nisa yang jadi ketuanya. Tapi berhubung Nisa jadi Wakil Ketua OSIS, dan kalau di sekolah gue peraturannya 8 formatur OSIS (Ketua, Wakil 1, Wakil 2, Sekretaris 1 2 3, Bendahara 1 2) gak boleh megang jabatan ketua ekskul, jabatan ketua AERO Jurnalistik dialihkan jadi ke Devina. Kenapa nggak ke gue? Soalnya gue juga formatur OSIS -_-

Akhirnya, gue dipilih jadi editor. Woohoo, menyenangkan sekali loh jadi editor itu ;) Gue tugasnya meriksain artikel yang mau dipajang di mading sekolah, mulai dari tanda baca, penggunaan huruf besar/kecil, kata-kata yang typo atau salah ketik, banyak deh. Dan gue baru sadar kalo ternyata jadi seorang editor itu harus super duper teliti. Kadang harus benerin artikel sampe dua atau tiga kali, soalnya tau-tau masih ada aja kesalahan-kesalahan kecil. Mata gue sampe berkunang-kunang penuh tanda baca dan huruf-huruf dimana-mana (?)

Sebenernya harusnya gue jadi editor majalah AERO juga, majalah sekolah gue. Cuma waktu itu lagi ada sedikit problem gitu deh sama pihak sekolah, jadinya majalah AERO gak terbit. Walaupun tugasnya keliatan gampang, nulis artikel di mading dan ngurusin mading ‘doang’, tapi ternyata itu susah juga loh. Kadang suka ada anak yang dengan beringas asal nyoret-nyoret artikel, atau misalnya kita majang foto siswa atau artis eh fotonya suka diambilin -____- Belum lagi kalo artikelnya kurang rapet nempelnya atau terlalu sering diutak-atik jadi jatoh-jatohan…. Yah begitulah duka nya jadi anak ekskul jurnalistik. Hahaha

Pembina kita awalnya Ibu Nikmatun Naafiah, S.Pd, guru Bahasa Indonesia. Terus diganti jadi Ibu Evi Sofia Jamil, S.Pd. Alhamdulillah, kita kalo dapet Pembina yang masih muda dan gaul terus hehehe jadi seenggaknya bisa ngerti lah ide-ide gilanya anak SMA. Ohiya Kak Evi (kita disuruhnya manggil Kakak hahaha), pembina baru kita waktu itu, pernah ikut casting buat film Ketika Cinta Bertasbih loh. Malah lolos sampe 10/20 besar gitu, makanya Kak Evi ngerti banget soal jurnalistik dan broadcasting.

Pertama kalinya kita ikutan lomba itu di ajang Sonic Linguistic 2011 di SMA Insan Cendikia Serpong, Tangerang. Awalnya kita dapet informasi lomba dari salah seorang temennya Nisa yang sekolah disana. Kita diajak buat ikut, jadi yaudah deh coba-coba aja. Tadinya yang ikut lomba tuh kita doang, itupun cuma satu lomba: Mading Teknologi 3 Dimensi. Cuma pas diliat ternyata banyak perlombaan lainnya, dan akhirnya sekolah gue ikut beberapa lomba lainnya, kayak English Debate, Rally Photo, Economy Competition dan News Casting. Tim Mading Teknologi ada Nisa, Zahra, Audy, Amel dan Septi. Design madingnya dari Harly yang emang jago gambar. Tim English Debate itu Devina, Affan sama Puspa. Rally Photo Kak Kindy dan Kak Reza. Economy Competition Echy, Kak Jun sama Kak Kiki. News Casting….. tebak sendiri. Siapa coba? Gue. Hahahahahahhahaahaha.

Awalnya tuh gue masuk tim Mading Teknologi. Cuma pas gue liat selembaran lombanya ada lomba News Casting juga. Menurut gue, lomba itu tuh jarang banget diadain (atau sering cuma guenya aja yang gak up-to-date) dan seru aja, boleh lah dicoba buat jadi pengalaman. Yaudah deh gue bilang sama Kak Evi mau ikut lomba News Casting, dan diijinin. Gue langsung ngatur waktu buat bimbingan sama Kak Evi. Pas gue ceritain ke temen-temen kalo gue mau ikut lomba News Casting, gue malah diketawain. Mereka bilang, orang kayak gue gak cocok bacain berita yang serius. Cocoknya jadi presenter acara gossip -________________- Malah mereka juga bilang kalo gue suatu saat akan jadi penerusnya Feni Rose, bawain acara Silet setiap siang. Hahahahahahahaha mereka memang terlalu jujur :’)

Semakin mendekati hari H lomba, gue latihannya ya cuma gitu-gitu aja. Paling nonton berita dan belajar gimana caranya bawain berita, suaranya, dll. Waktu latihan sama Kak Evi pun cuma disuruh bacain berita di Koran, diajarin badannya harus gimana, matanya harus gimana, cara bacanya, cara megang naskah beritanya, gitu-gitu deh. Dan sebenernya, ada satu kesalahan fatal yang gue lakukan. Fatal banget, sumpah. Apakah itu? Gue sama sekali gak tau kalo lomba nya itu baca berita dengan bahasa Inggris. Dari mulai latihan awal pun, gue belajar sama Kak Evi baca berita pake bahasa Indonesia. Pas Technical Meeting pun gue gak nanya-nanya. Gue baru tau kalo ternyata lomba itu pake bahasa Inggris 5 menit sebelum lomba dimulai. Bener-bener 5 menit sebelum lomba mulai.

H-1 lomba, gue dikasih tau pihak sekolah kalo berangkatnya tuh jam 6 pagi soalnya takut macet. Oke gue sih santai aja. Gak taunya…… gue kesiangan. Gue baru bangun jam setengah 7. Gila kan? Emang. Gue aja heran, padahal gue biasa bangun jam 5 (lewat-lewat dikit lah) kalo mau ke sekolah. Lah ini giliran mau lomba bangunnya malah setengah 7 -_______- Mana batre hp juga low, pas gue charge udah ada berpuluh-puluh missed call dari Echy. Entah pas telfon yang keberapa kali, gue baru bilang kalo gue kesiangan dan disuruh cepetan soalnya Pak Gun (guru pembimbing lomba waktu itu) udah mulai ngomel. Yaudahlah gue mandi ala bebek, asal-asalan. Tapi tetep wangi kok (?) Pas di jalan pun gue diceramahin sama Pak Gun hiks. Untungnya pas sampe di tempat lomba, lombanya belum mulai. Kalo udah mulai dan kita didiskualifikasi mungkin gue udah ngga ada sekarang, soalnya udah digorok rame-rame sama Pak Gun, Echy, Kak Jun dan Kak Kiki (lebay)

Gue buru-buru masuk ruangan lomba dan disana udah rame banget. Malah udah ada yang ngobrol asyik satu sama lain, kenalan. Gue cuma sendirian ga ada temennya T_T Akhirnya gue dengerin lagu deh dari hp, buat menghibur diri. Saat itulah petaka itu terjadi. Pas gue lagi dengerin lagu, ada peserta cewek yang baru dateng dan dia langsung buka Koran The Jakarta Post. Gue langsung mikir, “Gile nih orang, berat banget bacaannya.” Gue ngelirik-ngelirik dan ngajak ngobrol, kenalan (tapi gue lupa namanya) dan iseng-iseng gue tanya kenapa dia rajin banget baca The Jakarta Post.

“Kamu…..baca The Jakarta Post?”

“Iya, kan buat latihan hehehe.”

“Oh…. Latihan….”

Gue sudah mulai curiga ada yang gak beres. Akhirnya gue pura-pura bahas soal bahasa.

“Kamu latihan sendiri atau dibimbing guru?”

“Dibimbing guru. Tuh guru aku.” *nunjuk gurunya* (FYI waktu itu gue kenalan sama gurunya juga)

“Ooh… pake bahasa Inggris?”

“Yaiyalah, orang lombanya juga kan pake bahasa Inggris.”

Saat itu, gue berharap waktu bisa diputar ke masa-masa gue latihan sama Kak Evi dan latihannya belajar pake bahasa Inggris. Tapi nyatanya…. gak bisa. Gue langsung uring-uringan, panik, ngeblank. Gue bingung harus gimana. Mau nanya Pak Gun, gak mungkin. Gue inisiatif buat nelfon Miss U, guru IEC di sekolah eh ternyata nomor hp Miss U gak ada. Aneh. Batre hp gue pun low dan sinyalnya udah off gara-gara tadi dipake dengerin lagu. Akhirnya gue search di kontak hp dan ada nomor Mr. Acep, salah seorang guru bahasa Inggris di sekolah. Gue sempet ragu-ragu mau nelfon beliau apa nggak, tapi daripada gagal, gue telfon aja. Gue pinjem hpnya Echy buat nelfon. Deg-degan banget sumpah nelfonnya aja, mana tuh lamaaaaaaa banget diangkatnya. Dan begitu telfonnya diangkat, gue langsung nyerocos ngomong, “SIR, MAAF GANGGU BUT I REALLY REALLY REALLY NEED YOUR HELP.” Mr. Acep  langsung bingung, dikiranya gue lagi kenapaaaaa kali ya sampe kayak gitu. Gue jelasin, dan akhirnya Mr. Acep ngasih tau lewat telfon gimana openingnya, pas baca beritanya dan closingnya. Legaaaaa banget. A bunch of thanks to Mr. Acep dan Echy, yang sudah merelakan pulsanya untuk gue hueheheheehehe.

Gue balik lagi ke ruang lomba dengan perasaan lega dan riang gembira. Disana ternyata Pak Gun udah didalem. Katanya beliau bosen nunggu diluar, jadi liat yang lomba News Casting aja deh. Pas dikocok nomor peserta,  gue dapet nomor 20an. Sambil nunggu dan liat penampilan peserta lain, gue sempet ngerasa bego banget. Padahal tadi gue gak usah sepanik itu, liat aja peserta lain opening sama closingnya gimana, terus contoh deh, modifikasi sendiri. Lebih parahnya lagi, Pak Gun tau-tau ngasih saran kalo baca berita pake bahasa Inggris tuh bagusnya openingnya gini, pas bacainnya gini, closingnya gini…. Kan sial, tau gitu gue nanya Pak Gun aja tadi. Gak usah repot-repot nelfon Mr. Acep -________-

Tibalah saat gue bacain berita. Jadi itutuh lombanya gini, kita dikasih berita di kertas selembar, dikasih waktu kurang lebih 10 menit lah buat dipahami dulu atau boleh dikasih coretan tambahan biar mempermudah. Dari teks yang lumayan banyak itu gimana caranya kita bacain intinya aja, soalnya waktu buat baca beritanya cuma 10 menitan. Ntar kita masuk ruangan, dan direkam pake handycam. Jadi juri sama penonton tuh nonton kita di layar gede gitu, jadi bener-bener kayak nonton acara berita di TV. Pas baca yang pertama, gue gak ngasih coretan tambahan sama sekali, soalnya gue pikir tinggal baca doang. Eh gak taunya, gue bacanya agak mandet-mandet. Dan paling parah pas ada tulisan angka 125.000, i don’t even know how to read it. Gue tuh lupa cara bacanya gimana. Dan itu lamaaaaaa banget gue mandet disitu. Untung akhirnya gue bisa bacanya -_____- Pas keluar dari ruangan, gue diketawain Pak Gun. Hiks. Beliau bilang, “Masa baca angka aja gak bisa. Gimana sih kamu.” Duh, malu banget rasanya -_- Tapi alhamdulillah gue ada di peringkat ke-5, masuk babak berikutnya.

Nah kalo ga salah pas di babak 10 besar, ada salah seorang peserta yang namanya Putri. Eh bentar deh, Putri bukan sih? Gue lupa -_- Pokoknya dia tuh anaknya lucu banget, kecil, imut, rambutnya keriting aduuuuuh kayak boneka. Udah gitu dia pake tas Barbie/Princess/Strawberry Shortcake gitu lupa, pokoknya yang kayak tas anak SD gitu deh. Aduh lucu banget pokoknya, kayak anak kecil, hehehehe. Tapiiii pas bacain berita dia bagus banget loh. Kalo gue gak sadar ya, gue udah nyamperin itu anak terus nyubit pipinya kenceeeeeeeng banget. Tapi gue gak ngelakuin itu kok, entar gue disangka psikopat lagi -_- 

Ada yang kocak nih, pas Putri lagi bacain berita, ada gangguan gitu. Suaranya gak keluar kalo ga salah. Jadi terpaksa harus nunggu dibenerin dulu. Nah pas dibenerin itu, handycamnya masih on dan Putri juga masih di tempat baca berita. Mungkin, Putri ini gak tau kalo itu handycam masih on and suddenly.. Putri dadah-dadah sendiri ke handycam, dan dia ngomong “halo”, “good morning”, gitu-gitu sambil dadah-dadah. Itu sumpah……. momen terkocak 2011!!! Wkwkwkwkwkwkwk gue gak bisa nahan buat ketawa dan akhirnya kita seruangan ketawa ngakak. Jurinya aja ketawa loh. Aduuuuuh abis kocakkkkk banget sumpah. Wkwkwkwkwk. Kalo gue yang kayak gitu mungkin jatohnya gak lucu, tapi ini tuh soalnya si Putrinya polos dan imut banget. Bener-bener gak bisa berhenti ketawa deh pokoknya kalo liat. Wkwkwkwkwkwkwk.

Setelah itu Alhamdulillah gue masih lolos ke babak final (5 besar). Gue berdoa semoga gue bisa menang minimal juara 2, soalnya juara yang diambil itu cuma 2 besar. Saingan gue di peringkat pertama itu kayaknya unbeatable banget, namanya Gloria. Dia juga ternyata udah expert di bidang News Casting. Setelah babak final selesai keesokan harinya, langsung ada pengumuman juara. Alhamdulillah, gue dapet juara 2! Aaaah seneng banget. Pengalaman pertama ikut lomba News Casting, langsung juara 2! Hadiahnya juga, ehm, lumayan. Huehehehehe. Yang paling bikin seneng lagi,  mading teknologi juga juara! Juara 1 malah! Waaaaaaaah seneng banget deh kita, baru pertama ikutan lomba eh langsung menang. Lumayan bisa meningkatkan citra ekskul Jurnalistik di sekolah, hahahahaha.

Ohiya selain dapet pengalaman, gue juga dapet banyak temen baru disana. Ada Gloria, temennya Gloria (lupa namanya), Sarah, Adam, banyak banget deh. Tapi yang masih kontek-kontekan sampe sekarang sih Adam doang. Soalnya kita follow-followan di Twitter haha.

Waktu itu juga gue sempet kenalan sama peserta cewek, dari sekolah CMBBS di Cilegon. Setau gue, temen SD gue dulu waktu di Cilegon, Arfian, juga sekolah disitu. Pas gue tanya kenal  sama Arfian atau nggak, dia jawab kenal! Waaaaaah, gue langsung seneng banget, bayangin aja dari kelas 5 gak pernah ketemu lagi. Ternyata Arfian itu kakak kelasnya dia, dan Arfian ikut lomba saman. Eh pas gue cari-cari di tempat lomba saman gak ketemu -_- Mungkin emang belum saatnya ketemu kali yaaaaaa. Hahaha tapi rasanya seneng aja gitu denger kabar dari temen-temen SD waktu di Cilegon. They’ve changed a lot.

Udah ah segini dulu. Adios!

2 comments:

  1. ada yang lupa, basket ikutan lomba dan menang juga Sop :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo basket tuh eventnya beda lagi Sa. Bukan Sonic Linguistic hehehe waktu itu gue yang dikasih undangannya sama MAN IC soalnya. Dan mereka ngasih undangan lomba basket itu pas gue lomba newscasting :D

      Delete