Wednesday, July 4, 2012

The Student Exchange Program


(Lanjutan cerita yang kemarin di skip dulu ya)

Jadi waktu itu siang-siang, gue lupa apa pas pulang sekolah atau pas jam istirahat kedua. Seluruh siswa dan siswi kelas X disuruh ke Auditorium. Gue dan yang lainnya gak tau mau ngapain disana. Setelah sampe di Auditorium, udah ada beberapa orang yang duduk di depan, kayak mau ngasih semacam seminar/workshop. Yaudah kita semua duduk dan mendengarkan pengumuman dari orang-orang tadi. Awalnya gue gak ngedengerin, males. Tapi ketika yang ngasih pengumumannya ganti jadi seorang cewek, gue langsung merhatiin dan mikir, “Kok kayak familiar ya?” Akhirnya gue bertanya pada salah seorang teman.

“Itu siapa sih? Yang lagi ngomong.”

“Itu? Kak Nacita.”

“Kak Nacita?”

“Iya.”

Kak Nacita itu kakak kelas gue yang dapet student exchange program selama satu tahun ke Perancis. Enak banget kan? Emang. I envy her so much. Dan ketika tau kalo itu dia, gue langsung jadi tambah merhatiin pengumumannya. Ternyata, mereka (kakak-kakak yang duduk di depan) itu para alumni dan volunteer dari Bina AntarBudaya. Bina AntarBudaya itu semacam yayasan yang ngurusin soal student exchange program gitu deh.  Nah Kak Nacita dulu dapet program itu dari Bina AntarBudaya, makanya dia datang ke sekolah sama temen-temennya buat memperkenalkan Bina AntarBudaya dan ngasih semangat buat gue dan temen-temen supaya ikutan.

Terus lo ikutan gak Soph?

Ya ikutan dong! Gila, gue tertarik banget sama student exchange program kayak gitu. Ya walaupun gak berharap banyak bisa dapet, seenggaknya kan buat pengalaman. Gue langsung minta formulir dan daftar. Ngumpulin berkas-berkasnya yang lumayan ribet, dan persiapan buat tes.  Jadi, itu tuh ada beberapa tahap tes. Tahap pertama itu tes tertulis. Tahap kedua tes wawancara, tahap ketiga tes berkelompok gitu, baru deh nanti lo ikut ke seleksi nasional.

Setelah semua berkas selesai dikumpulin, gue ngisi formulir. Pas di bagian ‘Program Yang Akan Diikuti’ gue bingung. Disitu ada 3 pilihan: program selama 1 tahun (beasiswa 100%), program selama 1 tahun ( beasiswa 50% atau bisa di nego gitu deh jumlah beasiswanya), dan program selama 2 minggu (beasiswa 100%). Kalau yang satu tahun, rata-rata pilihannya ke Amerika/Perancis/Jerman/Jepang. Sedangkan yang program 2 minggu itu khusus ke Jepang. Berhubung gue gak diijinin kalo ikut yang program satu tahun, akhirnya gue milih yang program 2 minggu. Gak masalah sih buat gue, kan yang penting pengalaman :)

Waktu itu, gue ikutan tes di chapter Karawang. Jadi, gue pagi-pagi buta berangkat ke SMAN 1 Karawang bareng temen-temen buat ikutan tes. Temen-temen gue yang ikut tuh kalo gak salah Devina, Nisa, Ibeth, Tami, Harly, Bagus, Reggy, siapa lagi ya? Lupa -_- Tes tahap pertama itu tes tertulis. Ada 2 tipe soal, pilihan ganda sama menulis essai. Duh deg-deg an banget waktu itu, sumpah! Tapi untungnya kita semua satu ruangan, jadi seenggaknya ada yang dikenal lah (waktu itu gue duduknya kebagian sebangku sama Bagus).
Tibalah waktunya ngerjain soal. Pas gue buka soalnya…… ajegile, susah banget! Dari nomer 1 aja gue udah gak bisa ngerjain. Langsung down sama hopeless banget deh. Ngerjain essainya juga gue jadi gak karuan, soalnya udah bener-bener pasrah.  Gue disitu mikirnya udah gak bakal lolos aja pokoknya. Gue tengok ke sebelah, ternyata si Bagus juga sama suramnya kayak gue. Hahahahaahaha. Selesai tes, gue ngebahas soal tadi dan emang rata-rata bilang susah, bukan gue doang berarti yang bilang kayak gitu. Yaudahlah, disitu gue udah pasrah aja mau lolos ataupun nggak.

Pas pengumuman lolos atau nggaknya, gue gak semangat sama sekali. Soalnya gue udah mikir gue gak bakal lolos. Pas Devina ngecek, dia bilang nama gue lolos. Gue gak percaya kan, yaudah gue download lah berkas pengumumannya. Downloadnya lamaaaaaa banget. Setahun kali -_- Mana gue deg-degan banget, jadi tambah gak sabar pengen liat pengumumannya. Selesai di download, gue buka dan…. Alhamdulillah, disitu nama gue dinyatakan  lolos! Ah, rasanya bahagiaaaaa banget, seneng banget deh. Walaupun udah hopeless ternyata masih dikasih kesempatan :’) Pas gue cek siapa aja temen-temen gue yang lolos, ternyata (kalo gak salah) cuma berlima: Gue, Devina, Nisa, Reggy dan…. Bagus! Wkwkwkwk si Bagus lolos juga ternyata, padahal suram banget kita waktu ngerjain soal. Kayaknya meja yang kita tempatin bawa untung juga deh…….

Menjelang tes tahap kedua, gue berlatih ngomong supaya pas di wawancara gak gelagapan ngomongnya. Maklum, wawancaranya pake Bahasa Inggris. Kan malu juga kalo pas nanti wawancara malah kebanyakan ang eng ang eng-nya. Gue juga bertekad, pokoknya gue harus bisa jadi the next Indonesian Idol. Whoops, maksud gue jadi the next Kak Nacita yang berhasil dapetin program student exchange. (Sorry agak jayus -_-) And then... tibalah saatnya tes. Para peserta tes kumpul dulu di lapangan SMAN 1 Karawang buat briefing. Waktu itu, gue sempet agak kena masalah, soalnya di peraturannya tertulis “Pada saat tes dilarang menggunakan celana/rok/bawahan berbahan jeans”. Nah waktu itu gue pake rok panjang bahan, Cuma emang motifnya tuh kayak jeans. Kakak-kakak Bina AntarBudaya nya sempet agak gimana gitu, sampe akhirnya gue suruh pegang aja bahannya, buat ngebuktiin kalo itu bukan jeans. Baru deh mereka percaya. Untung aja gue gak di dikualifikasi gara-gara itu.

Setelah itu, kita ngambil nomor urut and guess what? Gue dapet nomor urut agak terakhir. Atau terakhir sih? Entahlah gue lupa, yang jelas nomor urut belakang. Gue itu orangnya gampang bete, terutama kalo disuruh nunggu lama. Kata nyokap gue, dulu waktu ada lomba nari berkelompok antar TK gue pernah ngamuk gak mau nari gara-gara dapet nomer urut terakhir, sampe-sampe kelompok gue akhirnya gak jadi ikutan lomba (maafin gue ya……. T_T). Yaudah selama nunggu giliran gue berusaha menghibur diri supaya gak bete. Tapi tetep aja……. BETE. Udah gitu ya, ternyata gue kebagian gilirannya abis Dzuhur. Lama banget gak siiiih? Gue disitu dari jam 6 pagi dan baru kebagian giliran abis Dzuhur. Gimana gak bete coba -_-

Tibalah giliran gue dipanggil. Waktu itu ada 2 tes wawancara: tes soal keluarga sama minat dan bakat gitu deh. Kalo pas tes soal keluarga gue di tesnya sama bapak-bapak dan ibu-ibu. Mereka ngetesnya cepet banget ngomongnya, ngebut. Tapi Alhamdulillah gue bisa jawab dengan lancar. Nah kalo pas tes minat dan bakat  itu sama dua orang kakak volunteer, cewek dan cowok. Kalo disini tesnya agak nyantai, ya kayak ngobrol sama temen aja. Tiba-tiba, sebuah pertanyaan meluncur dari mulut kakak volunteer itu. (Sebenernya nanyanya pake English Cuma gue tulis Bahasa Indonesianya aja ya)

“Budaya apa yang akan kamu perkenalkan pada masyarakat Jepang seandainya kamu terpilih?”

Gue sempet diem, belum jawab. Gue mikir-mikir dulu budaya apa kira-kira. Kalo batik, kesannya udah biasa banget. Kalo tari-tarian, gue gak bisa narinya. Berhubung gue ikutan ekskul Teater, yaudah gue jawab aja, yang mau gue perkenalkan itu budaya teater di Indonesia. Kan disana juga ada teater khas Jepang, nanti dibandingin gitu. Kirain udahan tuh nanyanya, ternyata masih ada yang lain. Kakak volunteernya malah nyuruh gue buat drama. Gue diem. Terus mereka nyuruh gue ngelenong, gue masih diem. Akhirnya mereka nyuruh gue baca puisi aja, but i said NO. Yaampun, betapa bodohnya gue. Sebenernya sih gue bisa-bisa aja, cuma……gue tuh udah keburu bete dan gak mood gara-gara tadi nunggu lama banget. Gue juga tau, mungkin kalo gue mau memperagakan drama/lenong/puisi yang disuruh kakak volunteernya, itu akan menambah nilai gue. Tapi ya itu, karena mood yang udah terlanjur rusak, gue bilang gak mau :( Setelah itu kakak volunteernya nyuruh gue keluar dan tunggu hasilnya nanti.

Selang beberapa lama, hasilnya keluar. Mengejutkan, gue masih lolos! Yaampun…..Allah kurang baik apa coba, gue udah nyerah dan males-malesan gara-gara bete tapi masih dikasih kesempatan buat lolos :’) Peserta yang lolos dari sekolah gue tinggal berdua, gue dan Devina. Gue langsung prepare buat tes tahap ketiga, tes berkelompok. Gue berharap bisa lolos lagi sampe seleksi nasional, dan lolos lagi terus bisa ke Jepang :’)

Pas tes tahap ketiga, kita dateng dan liat daftar anggota kelompok. Sayangnya waktu itu gue gak sekelompok sama Devina. Waktu itu gue sekelompok sama Iwan dari SMAN 1 Karawang, Yuan dari SMA President, udah yang gue inget itu doang :’> Sistem tes nya, nanti kita dikasih bahan-bahan gitu seplastik, nah kita mikirin mau bikin apa pake bahan-bahan tersebut, terus dipresentasiin deh. Waktunya 45 menit. Kelompok gue kebagian bahannya sedotan, benang wol, plastik mika, gunting, stik eskrim, kertas origami, dll deh pokoknya. Akhirnya setelah pikir pendek (gak bisa pikir panjang soalnya waktunya mepet banget), kita memutuskan buat bikin rumah tenaga surya gitu lah, apa tuh namanya gue lupa. Berhubung gue sama sekali gak ngerti tentang hal tersebut, gue bantu-bantu sebisanya aja kayak guntingin sedotan, nyusun stik eskrim…mungkin itu yang bikin gue keliatan gak aktif dan akhirnya gak lolos. Iya, perjuangan gue berhenti sampai tes berkelompok. Tapi Alhamdulillah temen gue Devina berhasil lolos ke seleksi nasional (walaupun akhirnya gak lolos juga di seleksi nasional ya Dev).

Beberapa waktu berlalu, sampai gue udah naik kelas ke kelas XI IPA 1. Waktu itu, gue lagi ngumpul-ngumpul sama temen-temen gue dan tiba-tiba ada temen gue yang nyeletuk, “Eh, tau gak? Ihsan anak kelas sebelah kan dapet program pertukaran pelajar.”

Gue yang mendengar langsung merasa excited. “Ohya? Kemana? Gila, hebat banget si Ihsan.”

“Ke Jepang.”

“Hah? Ohhh… Berapa lama?”

“Dua mingguan kira-kira katanya.”

“HAHHHHHH???????”

Sumpah, gue kaget banget waktu itu. Kok itu sama banget kayak program yang gue ambil waktu tes Bina AntarBudaya. Usut punya usut selidik punya selidik, ternyata emang Ihsan dapetnya program dari Bina AntarBudaya yang gue pengen itu T_____T  Katanya sih, dia dikasih beasiswa gitu gara-gara jadi bentang bendera Paskibraka tingkat Provinsi. Gue agak nyesek sih, yah masalahnya dia dapetinnya gak perlu susah-susah tes dulu kayak gue. Tapi dia juga diuji lebih berat sih, soalnya ya lo tau lah Paskibraka latihannya gimana. Sebanding lah sama tes yang gue jalanin, jadi dia emang pantes dapet beasiswa itu.

Dan….. ini kabar terbaru. Baru tadi sore gue dapet kabar kalo adik kelas gue, Annisa Bella Sunoto atau yang biasa gue panggil Bebe dapet student exchange program dari Bina AntarBudaya! Bebe dapet beasiswa yang 1 tahun, ke Phillipine! Gilaaaaaa asik banget gak sih tuh? Aaaah I envy you, Be :') Btw ini ada capturean chat gue sama Bebe di Twitter.



Rada gimana gitu ya inget sama guenya gara-gara hal kayak gitu -______- Tapi asik banget deh Bebe….huhuhu mau :( Sukses ya Bebe disana, semoga bisa jadi pengalaman dan pelajaran berharga. Dan semoga bisa LDRnya! Doain yang disini bisa mengikuti jejak Bebe juga yaaaaa :) Wish you tons of luck!

PS. Mungkin nanti gue bisa nyusul. Yah, someday, ke Amerika. Mewujudkan mimpi. Aamiin yaAllah! :)

4 comments:

  1. Elu ga cerita yang soal Mama Lauren meninggal besok itu Sop? :-P

    ReplyDelete
  2. Elu ga cerita yang soal Mama Lauren meninggal besok itu Sop? :-P

    ReplyDelete
  3. Elu ga cerita yang soal Mama Lauren meninggal besok itu Sop? :-P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dep elu komen sampe 3 kali -_____- wkwkwkwk. Itu cerita yang manahhh? Lupa -_- Kebanyakan cerita sih hahahaha

      Delete