Friday, June 29, 2012

Anak Sekolah Satu SMA (Part 2)


Oke, nyambung sama post sebelumnya. Sekarang gue mau cerita masa-masa gue pas kelas X SMA.

Jadi, setelah MOS selesai (Ohiya waktu MOS, siswa terbaiknya adalah Michael Lexy Samuel Letidena dan siswi terbaiknya adalah Dania Hadyan Farahiyah. Mereka berdua temen sekelas gue *ikut bangga*) gue tetep masuk kelas X.3. Awalnya gue pikir temen-temen sekelasnya bakal sama kayak waktu MOS, ternyata diacak lagi L Alesannya sih supaya temen-temennya nggak itu-itu terus. Jadinya gue sekelas bareng Dania (tetep), Astri, Ninda, Tiara Ares, Vini, Sinta, Dewi,  Rison, Yoku, Jeremy, Senna, Robby, Pras, Andri, Faruk, dan yang lainnya. Ohiya, wali kelasnya waktu itu Ibu Dra. Enik Sunarti, guru Biologi.

Minggu pertama masuk sekolah, kita belum mulai akrab. Minggu kedua, udah agak kenal satu sama lain. Minggu ketiga, keempat…..seterusnya kita belajar lebih mengenal satu sama lain deh. Sampai akhirnya, diadakan lomba mendekor kelas. Ya, mendekor kelas. Semua kelas, mulai dari kelas X sampe XII  diwajibkan ikut lomba itu. Kelas gue rembukan dan akhirnya diputuskan kalo kelas gue bakal dicat ulang dan ditambah gambar graffiti kecil di tembok belakang (berhubung waktu itu ada temen gue Senna yang jago graffiti). Berkat lomba itu, kelas gue jadi tambah kompak loh. Walaupun ada sedikit ribut-ribut gara-gara masalah dekorasi kelas… tapi gue bersyukur. Mungkin kalo gak ada lomba itu, kelas gue gak akan kompak :D Walaupun pada akhirnya kelas kita gak menang, kita tetep bangga. Seenggaknya kita ngerasa lebih nyaman dengan keadaan kelas yang baru :)

Selain lomba dekorasi, hal lain yang bikin kelas gue tambah kompak adalah: buka puasa bersama. Sekolah gue tuh rutin ngadain acara buka puasa bersama dan firework party setiap bulan Ramadhan. Tapi, walaupun nama acaranya buka puasa bersama, konsumsi murid ditanggung kelas masing-masing. Itulah yang bikin kelas kita kompak. Kita rembukan nentuin makanan dan minuman buat  buka puasanya apa aja. Lucky us, temen sekelas kita, Robby, mamanya adalah penjual makanan di kantin. Jadi kita sepakat mesen menu berupa nasi, ayam goreng, lalapan dan sambel terasi (ngiler sendiri pas nulis) ke mamanya Robby. Snacknya dibagi-bagi yang beli siapa aja. Dan minumannya? Kita bikin es campur (aduk) sendiri dong :p gue yang bikin dengan penuh perjuangan. Huhuhuhu

Gue udah seneng banget waktu itu, kelas gue kompaaaaak banget dan jarang berantem (walaupun ada aja masalah). Tapi, tiba-tiba kita dikasih kabar sama Wakasek, kalo akan diadakan tes untuk kelas Bilingual. Tesnya diikuti semua murid kelas X waktu itu. It means…..kelasnya bakal diacak lagi. Kita semua sedih deh :( Tesnya ada dua bagian, yaitu tes tulis dan tes lisan Bahasa Inggris. Alhamdulillah, gue berada di peringkat pertama dari semua anak kelas X :’) Banggaaaaaaaa banget rasanya waktu itu, apalagi gue (ehm) ngalahin Devina, murid paling pinter di sekolah dan pada akhirnya jadi juara paralel tak tergantikan. Seenggaknya gue pernah ngerasain Dev gimana rasanya jadi juara paralel :’’’’’’’’’’’’’’’’’) Ohiya, dari tes lisan Bahasa Inggris itulah, gue pertama kalinya bertemu dengan Miss U. Siapakah dia? Nanti gue certain ya :p

Gue dan beberapa orang anak kelas X lainnya terpilih masuk kelas bilingual. Waktu itu, kelas bilingualnya baru ada 2: X.1 dan X.7. Gue sih masuknya kelas X.1. Wali kelasnya Mr. H. Hasannudin, S.Pd. Awalnya, gue takut banget masuk kelas itu, tapi sekarang, gue bener-bener gak nyesel pernah jadi bagian dari X.1 :’)

Kenapa sih waktu itu gue takut masuk X.1? Soalnya…saingannya itu loh, kelas berat semua. Ada Devina, Nisa, Dania, Astri, Eko, Jerry, ah semuanya deh ngumpul disitu. Gue takut banget gak bisa nyesuain diri sama otak-otaknya mereka. Tapi Alhamdulillah, terbukti kok kalo gue gak sebodoh itu dan seenggaknya bisa nyamain mereka :’) X.1 ngasih banyaaaaaaaaaak banget kenangan indah buat gue, diantaranya:

 Disitu pertama kalinya gue kenal sama Devina. Dia itu peringkat 1 waktu tes masuk SMA, so, dia pasti diomongin terus. Awalnya gue pikir dia orangnya jutek. Bahkan gue pernah di delete dari friendlist Facebooknya dia hahahahahahaha. Tapi ternyata Devina gak sejutek yang gue kira kok J (walaupun kita punya sifat yang sama ya Dev, kalo nyindir tuh silet keluar semua dari mulut hahahaha)

Guru-guru kelas X pun kocak-kocak! Paling memorable tuh Bu Is (matematika), Pak Didi (fisika) sama Bu Dede (Agama Islam).

Gue inget banget, dulu Bu Is tuh guru yang paling sering masuk. Padahal kita udah streeeees banget belajar matematika. Pernah waktu itu, sekali-kalinya Bu Is gak masuk. Gue dipanggil ke ruang BK. Kirain ada apaan gitu kan, ternyata gue dikasih tau kalo Bu Is gak masuk. Gue loncat-loncat sendirian di tangga. Pas sampe depan pintu kelas, gue pura-pura pasang muka melas. Seketika itu sekelas langsung nanya, “Lo kenapa?” Terus gue ngomong sambil sok-sok sedih, cerita kalo gue dipanggil ke ruang BK. Pas ditanya, “Emang lo dipanggil kenapa?” Gue langsung teriak dan bilang, “SOALNYA BU IS HARI INI GAK MASUUUUK!!!!!” Dan seketika itu juga anak-anak kelas langsung bersorak-sorak bergembira. Teriak-teriak, joget-joget, lebih rame dari teriakan penonton Indonesia waktu Simon Santoso menang di ajang Indonesia Open. Hari itu jadi hari yang paaaaaling bahagia buat anak-anak sekelas. Maafin kita ya, Bu……. hehehehehehehe.

Ini yang lebih kocak. Waktu itu pelajaran Fisika dan kita pikir Pak Didinya nggak masuk. Jadilah anak-anak sekelas pada ribut di kelas. Kurang lebih 15 menit sebelum bel pulang, Pak Didi masuk ke kelas. Pada kaget kan, langsung pada diem. Gue dan Astri (waktu itu sebangku) lagi cerita-cerita sambil ketawa-ketawa. Pas Pak Didi masuk, kita kaget dan langsung nahan ketawa. Karena ga kuat nahan ketawa, kita jadi cekikikan. Pak Didi ngeliat tuh pas kita berdua cekikikan gak jelas (yaiyalah kita duduknya di paling depan). Tau-tau beliau ngomong, “Keluarkan kertas selembar. Kita ulangan.” Anak-anak udah pada ribut, protes. Gue dan Astri pun seketika langsung diem dan mikir, “Mampus nih, gara-gara kita cekikikan.” Pak Didi gak mau tau, dan akhirnya kita tetep ulangan. Gue sempet bingung, 10 menit lagi bel pulang dan kita disuruh ulangan itu kayaknya…..aneh. Sampe bel pulang bunyi, Pak Didi masih aja bacain soal. Anak-anak langsung saling lirik. Pengennya sih ngingetin kalo udah bel pulang, tapi gak enak. Sampe 10 menit sesudah bel pulang, akhirnya Pak Didi selesai bacain soal. Kocaknya, beliau ngomong, “Kerjakan sampai bel pulang berbunyi.” Anak-anak bingung, dan kompakan menjawab, “UDAH BEL DARITADI PAAAAAAK.” Pak Didi pun kaget dan salting. Beliau langsung minta maaf dan ngomong, “Kirain tadi masih jam setengah 2. Yasudah, soalnya boleh kalian bawa pulang dan kerjakan di rumah.” Itu jadi pengalaman pertama gue (dan mungkin pengalaman pertama anak-anak sekelas juga) ada ulangan harian yang boleh dibawa pulang dan dikerjain di rumah. Akhirnya, gara-gara kejadian itu dikelas kita jadi ada motto “Jangan ketawa, nanti ulangan” Hahahahahaha.

Kalo Bu Dede lebih kocak. Waktu itu, tiba-tiba Bu Dede masuk dan ngotak-ngatik komputer kelas. Aldi, temen sekelas gue nanya, “Ibu nyari apa?” Terus Bu Dede jawab, “Ibu nyari materi agama, tentang sifat-sifat Allah. Kayak yang di kelas sebelah itu loh.” Sontak anak-anak sekelas bingung. Perasaan gak pernah ada folder/file/aplikasi apapun di komputer kelas yang berhubungan sama pelajaran agama islam. Bu Dede masih ngotak-ngatik komputer, dan akhirnya dibantuin nyari sama Aldi. Gue inisiatif aja buat nanya ke kelas sebelah, filenya namanya apa. Pas gue Tanya ke Rahma, dia jawab, “Lo cari aja di Google. Tadi tuh Bu Dede juga ngomong-ngomong file pelajaran agama, Cuma gue gak tau. Akhirnya gue cari deh di Google. Bu Dedenya gak bakal tau kok.” Yaampun……. Jadi mungkin maksudnya bu Dede itu Google. Kocak banget serius =)) Akhirnya yaudah, kita cari di Google deh tentang pembahasan pelajaran agama hari itu.

Waktu pelajaran English, ada tes nyanyi. Gue maju pertama loh, nyanyi lagunya Jason Mraz yang Make It Mine. Seneng banget, soalnya mereka bilang suara gue lumayan bagus :’)

Pas pelajaran Ekonomi, Ibeth pernah diomelin sama salah seorang guru Bahasa Indonesia. Jadi pas lagi belajar, guru Bahasa Indonesia itu masuk ke kelas, ada perlu sama guru Ekonomi gue. Pas beliau masuk, Ibeth lagi ngobrol ketawa-ketawa sama Tami. Beliau salah paham, dikiranya Ibeth tuh ngetawain beliau. Akhirnya Ibeth diomelin abis-abisan dan disuruh maju ke depan. Pas guru itu pergi, Bu Upi (guru Ekonomi gue) bilang, “Udah Ibeth duduk aja gapapa. Mungkin ibunya lagi sensi tadi…” Ibeth pun duduk lagi dan nangis. Pukpuk ibeth……


Bu Asmailis, guru PKn gue, pernah nanya sama Edwin.
Bu Asmalilis        : Edwin, Bapak kamu polisi ya?
Edwin                : Iya, Bu.
Bu Asmailis         : Polisi apa?
Edwin                : Polisi tidur, Bu….
Langsung deh anak-anak sekelas ngakak. Bu Asmailis juga langsung ketawa dan bilang, “Dasar kamu Edwin hahahahaha.”

Waktu itu kita sering banget ngeledekin Eko sama Jeremy. Mereka berdua itu sering perang marga gitu deh hahahaha. Eko itu marganya Lumbantobing (batak) kalo Jeremy…..bukan marga sih, tapi nama belakang keluarganya doang, Jacob. Kita tuh sering ngeledekin mereka. Paling gila waktu pas pelajaran apa gitu gue lupa, tau-tau Rison, temen sebangkunya Jeremy ngomong,”Eh Jer, kemarin lo belajar panjat Tobing ya? Eh salah, maksud gue panjat tebing! Hahahahahaha” Anak-anak sekelas langsung ngakak lah. Eh gak lama kemudian Edwin, temen sebangkunya Eko ngejatohin tempat minum dan langsung ngomong, “Aduhhhhhhh, tempat minumnya Jacob deh!” Ketawa lagi lah kita sekelas ngeliat pada ledek-ledekan kayak gitu…hahahaha.

Waktu Hardiknas, kelas gue dan kelas sebelah bikin rekor baru di sekolah. Sejarah  yang baru pertama kali dibuat semenjak SMAN 1 Cikarang Utara berdiri. Kelas kita gak ikut upacara Hardiknas. Itu bukannya disengaja loh. Jadi awalnya, kelas gue disuruh ikut upacara di Pemda, pake baju pramuka. Begitu pagi-pagi dateng, ternyata gak jadi. Kita bingung dong, kalopun mau upacara di sekolah kita salah kostum. Anak-anak yang lain pake baju putih-abu sedangkan kita pake baju pramuka. Jadilah kita di kelas diem, gak ikut upacara. Eh tau-tau ada petugas sekolah yang ngelaporin kita ke Wakasek. Kita disuruh turun dan baris di lapangan, jadi tontonan anak satu sekolahan. Kita dicaci maki, dibilang belagu lah baru kelas X udah belajar bolos, ini lah, itu lah. Kita disuruh hormat ke bendera dan nyanyi lagu Indonesia Raya rame-rame. Tadinya kita mau dijemur tapi untungnya gak jadi, soalnya kita baru pertama kali kayak gitu. Dosa kita yang itu memang diampuni, tapi ternyata petaka gak sampe disitu aja. Karena kita awalnya disuruh upacara di Pemda, otomatis kita dapet dispensasi belajar seharian. Anak-anak kelas gue nyantai aja, abis dihukum pada pulang. Ternyata, salah seorang temen sekelas gue, Diana masih di sekolah dan dia diomelin sama Bu Is (guru Matematika) gara-gara anak sekelas pada pulang padahal harusnya belajar Matematika. Diana yang kebingungan cuma minta maaf sama Bu Is, tapi...Bu Is marah. Keesokan harinya kita sekelas rame-rame ke ruang BK buat nyelesein masalah sama Bu Is. Setelah kita ceritain, Bu Is pun maklum, karena itu emang salah pihak sekolah yang nyuruh kita upacara di Pemda eh taunya malah gak jadi. Kita pun saling salam-salaman dan maaf-maafan di ruang BK. Udah kayak idul fitri ya? hahahaha.

Anak-anak kelas X.1 itu kompak banget. Banget banget banget. Nisa, Icho, Audy, Ghea, Devina, Tami, Ibeth, Astri, Dania, Ninda, Febi, Yaya, Safitri, Keket, Diana, Jerry, Alfian, Eko, Edwin, Yoku, Ilul, Dwiky, Intan, Nadya, Agam, Jeremy, Faruk, Ricky, Rison, Aldi sama Antik juga (walaupun waktu itu mereka pindah). Sebenernya sih masih banyak kenangannya, cuma bakal panjang banget kalo ditulis semua disini. Pokoknya, I’m sooo happy and proud to be a part of X.1. Kenangan sama kalian waktu kelas X gak akan gue lupain kok. Bakal gue inget teruuuus selamanya. Tetep kompak ya, walaupun sekarang kita udah misah-misah :’)

2 comments:

  1. Cieee Sophie, gue nggak tahu seberapa berkesannya gue di mata lu :3

    ReplyDelete
  2. Kegeeran deh... Salah kayaknya gue nulis pas bagian lo. Hahahahaha

    ReplyDelete