Tuesday, February 4, 2014

Dari Anak Kos, Untuk (Calon) Anak Kos

Entah kenapa, setiap malam pertama gue kembali ke kamar kos setelah liburan, gue selalu gak bisa tidur dengan tenang. Suka agak gelisah dan susah tidur gitu. Sebenarnya itu lebih mendingan, dibanding waktu pertama kali datang ke kamar kos ini. Yah, namanya juga pertama kali ngekos, belum terbiasa. Gue gak bisa tidur sama sekali, dan selalu ngerasa paranoid sama hal-hal yang nggak masuk akal. Misalnya, gue takut air kerannya tiba-tiba keluar sendiri lah, takut ngeliat jendela lah, dan lain-lain. Mungkin ini efek kebanyakan nonton film horror dan thriller. Hehe. Dan dulu, gue gak berani matiin lampu kalau tidur karena takut. Bahkan kalau lagi tidur terus tiba-tiba mati lampu, gue akan refleks kebangun dengan keringat dingin bercucuran dan deg-degan. Malah pernah mati lampu jam 2 pagi, nggak nyala-nyala, lalu gue nggak tidur lagi sampai ngampus pagi. Terus mandi nya gimana? Percaya atau nggak, pintu kamar mandinya dibuka dan gue taruh laptop didepan pintu supaya terang.

Berlebihan? Memang. Tapi gue bener-bener takut aja.

Karena lelah di daerah kosan gue itu mati lampu terus, suatu hari gue ketiduran pas mati lampu. Gue tidur gelap-gelapan dan gue survive, bisa tidur dengan nyenyak. Semenjak itu gue jadi berani matiin lampu pas tidur. Soalnya gue merasa juga kalau tidur lampunya dimatiin kerasanya lebih nyenyak. Hehe.

Tapi gue gak akan ngebahas yang horror-horror gitu kok, gue justru akan ngeshare pengalaman yang (menurut gue) harus banget diketahui sama calon-calon anak kos.

Dulu gue berpikir, kalau jadi anak kos itu enak banget. Bebas, gak diatur lagi sama orang tua, keluar bisa sampai jam berapa aja, mau pergi kelayapan kemanapun juga bisa. Tapi kenyataannya, jadi anak kos juga harus punya aturan.

Kosan gue dijaga oleh satu keluarga (ibu dan bapak yang punya 2 anak) yang tinggal disitu, bukan sekedar jaga doang. Ini tips penting buat calon anak kos, kalau mau cari kosan yang ada penjaga tetapnya, bukan penjaga harian atau satpam aja. Buat apa? To make sure you’re safe there. Lebih bagus lagi yang ada ibu kosnya. Jangan lupa juga cari yang ibu kos nya baik :)

Ibu kos gue membebaskan kita mau bawa temen, pacar (ini serius, asalkan pintu kamarnya gak boleh ditutup), keluarga, siapapun main ke kosan selama jelas identitasnya dan bilang dulu sama ibu. Jam malem pun ga dipermasalahkan asalkan jelas mau kemana dan ngapain, juga nggak keseringan keluar dan pulang malem. Terus, setiap mau pergi harus pamit sama ibu. Gue lumayan sering pulang malem (kebanyakan karena rapat………………………dan main) dan gak enak sih ngebangunin tengah malem minta dibukain pagar atau pintu, itu juga bikin gue sadar kalo gue gak boleh keseringan pulang malem.

Ibu kos atau penjaga kos itu, bakalan baik sama kita kalau kita juga menghargai peraturan yang dia buat. Once you broke the rules, you’re gonna have a bad time.

Contohnya nih, waktu itu, gue gak bisa tidur karena ada suara ribut-ribut di lantai bawah. Gue keluar dan ngintip dari balkon, ternyata ada anak kosan gue yang diomelin ibu kos gara-gara dia bawa pacarnya ke kamar dan pacarnya ngunci pintu kamar.

Bego? Banget.

Berhubung gue anaknya sangat kepo, gue langsung menyimak pembicaraan tersebut. Ternyata itu bukan yang pertama kali dia kepergok kayak gitu. Ibu marah karena udah berkali-kali dan masih aja ga berubah. Si anak itu menangis di depan ibu dan bapak. Dia bilang, itu pacarnya yang nyuruh ngunci kamar. Langsung lah ibu dan bapak menasehati, kalau cowok yang udah berani kayak gitu, tandanya dia bukan cowok baik-baik.

“Harusnya dia tau, peraturan disini kan emang gak boleh ditutup kamarnya, apalagi dikunci. Kalau cowok udah berani kayak gitu, dia pasti mau macem-macem. Masih untung kamu nolak, coba kalo kamu juga kegoda? Mau jadi apa kamu?”

“Kamu harusnya cari cowok yang bisa menghargai kamu. Dengan menghargai kamu, berarti dia juga menghargai dirinya sendiri. Dia aja kayak gitu kelakuannya, berarti dia nggak menghargai kamu sebagai cewek. Kamu juga harus punya harga diri, jaga kehormatan kamu.”

“Ibu ngerti banget kok, wajar kalau anak seumuran kamu punya pacar. Namanya juga anak muda. Tapi kamu harus ingat, pacar kamu yang sekarang itu belum tentu nantinya jadi suami kamu. Makanya jangan mau kalau disuruh apa-apa sama dia. Jaga diri kamu baik-baik. Kalau kamu nggak mau, bilang. Jangan mau-mau aja disuruh-suruh sama dia.” begitu kira-kira kata Ibu.

Kata-kata Ibu barusan juga membuka pikiran gue dan nyadarin gue banget, sumpah. Apalagi yang terakhir :) #pengalaman #pribadi #masa #lalu

Pas gue lagi ‘asik’ menyimak, tetangga serong kamar gue, Desi, ternyata juga lagi menyimak pembicaraan tersebut dari tadi. Malah kata Desi, sebelum Ibu dan bapak ngomelin anak ini, mereka berdua ngomelin pacarnya. Wow. Great.

“Tugas kamu disini itu belajar, biar sukses. Biar nanti dapet pasangan yang sukses juga, yang baik, yang sopan.” Kata Bapak.

Si anak itu menangis dan minta maaf. Ibu dan bapak lalu bilang, kalau mereka sebenarnya nggak marah sama anak itu. Mereka tahu banget kalau anak itu adalah anak yang baik, cuma pacarnya aja yang ‘rada-rada’. Mereka kasihan dan nggak mau kalau anak itu kenapa-kenapa gara-gara kelakuan pacarnya.

Dari contoh kejadian diatas, sebenarnya itu masalah klasiknya anak kos banget sih. Kita ‘kaget’ sama kebebasan yang didapat, jadinya malah kelewatan memanfaatkan kebebasan itu. Intinya, walaupun udah tinggal sendiri dan bebas, kita tetap harus punya prinsip dan aturan, supaya bisa jaga diri.

Ingat juga tuh, orang tua kita yang udah capek-capek biayain kos setiap tahun dan kuliah setiap semester. Jadiin itu motivasi supaya rajin kuliah dan cepat lulus, guys. Mau cepat sukses kan? :)

No comments:

Post a Comment